Selamat Datang di Arfelia's Site

Sunday, October 28, 2007

Kunjungan Balasan

Anda tentu selalu Blogwalking, alias jalan2 berkunjung ke blog orang lain. Ada yang telah anda kenal sebelumnya, ada yang baru pertama kali Anda kunjungi.
Kadangkala hanya melihat2, kadangkala meninggalkan pesan atau komentar.
Kadangkala pula setelah meninggalkan pesan, berharap agar pemilik blog yang bersangkutan melakukan kunjungan balasan.
Dan ternyata….. tidak ada kunjungan balasan!!
Anda kecewa....??

Boleh jadi sesungguhnya Anda telah mendapat kunjungan balasan, akan tetapi sang pengunjung tidak sempat atau enggan untuk meninggalkan pesan pada shoutbox.
Karenanya sangat penting menambahkan fasilitas hit counter pada blog anda.

Akan tetapi jika setelah letih berkunjung pada puluhan blog namun hit counter tidak juga menunjukkan perkembangan, mungkin ada yang salah dalam kunjungan anda.

Kemungkinannya :

  • Pesan yang Anda tinggalkan tidak menarik

Bagi pemilik blog yang sudah saling tukar link dengan Anda, maka kalimat pendek seperti : “Hai…” // “Blogwalking” // “Jalan2 nih” //“Numpang lewat” boleh jadi cukup menyenangkan mereka. Karena itu sudah menjadi indikasi bahwa Anda tetap berusaha menjalin silaturrahmi sesama blogger. Akan tetapi jika kalimat2 pendek tersebut Anda tuliskan pada shoutbox yang baru pertama kali Anda kunjungi, maka semakin kecil kemungkinan mereka berminat.

Pesan juga bisa disiasati dengan menggunakan nama yang menarik. Misalnya Cewek Cakep, Pria Bijak, KawanKarib, Tebak Siapa Aku, Kiss Me, dan banyak pilihan lain.


  • Blog yang Anda kunjungi bukan blog yang aktif

Sebab tidak semua blogger mengelola blog-nya setiap hari. Ada yang 2 hari sekali, seminggu sekali, bahkan ada yang tidak tentu.
Lihat tanggal postingan terakhir, serta lihat tanggal pesan terbaru pada shoutbox. Pesan yang Anda tinggalkan membutuhkan waktu sekian hari baru akan diketahui dan direspon pemilik blog.

  • Blog yang Anda kunjungi sangat-sangat aktif

Bagi blog yang tenar, dimana setiap harinya menerima begitu banyak pesan pada shoutbox, maka jangan terlalu berharap banyak bahwa pesan Anda akan mengundang minat sang empunya blog. Waktu mereka telah sangat banyak tersita untuk membuat postingan yang bagus dan untuk tetap mempertahankan hubungan sesama jawara blogger.

Untuk blog2 tenar begini, akan lebih efektif bila Anda beradu opini dengan meninggalkan komentar pada postingan miliknya. Mungkin Sang Blogger Kawakan hanya membalas dengan menanggapi pada fasilitas komentar miliknya. Tetapi yakinlah bahwa itu bisa merupakan jembatan yang bagus untuk memperkenalkan blog Anda dan membuka peluang besar untuk mengajaknya saling tukar link. So, keuntungan yang Anda dapat lebih dari sekedar kunjungan balasan.

Convert Link

No comments: